Viral  

Trauma Ibu Meninggal, Mpok Atiek Pilih Pengobatan Alternatif Sembuhkan Tumor Usus

Semujer.com – Mpok Atiek mengidap penyakit tumor usus. Awalnya dia merasakan gejala kembung dan sembelit secara terus menerus yang ternyata setelah diperiksa merupakan tumor.

Untuk mengobati penyakit tersebut, pelawak 67 tahun itu diharuskan menjalani operasi. Namun karena Mpok Atiek takut, akhirnya dia lebih memilih pengobatan alternatif.

Mpok Atiek. (Instagram/mpok.atiek)

“Sebetulnya harus dioperasi lewat perut tapi kan sudah diendoskopi, jinak, nah kalau untuk dioperasi mpok belum punya keberanian,” ungkap Mpok Atiek saat ditemui di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

“Jadinya mpok berobat alternatif di Ciawi. Alhamdulillah hasilnya yang mpok rasain sudah nggak rasain sakit, terus BAB-nya sudah lancar,” katanya menyambung.

Bintang film “Otomatis Romantis” itu kemudian menjelaskan alasannya takut menjalani operasi. Itu bermula dari kejadian almarhumah ibu Mpok Atiek yang meninggal dunia usai dioperasi karena kanker usus.

Potret Lawas Mpok Atiek (Instagram/@mpok.atiek)
Potret Lawas Mpok Atiek (Instagram/@mpok.atiek)

“Mama Mpok itu waktu itu sudah kanker usus gitu kan. Jadi Mama Mpok itu waktu itu dikemo dulu, habis dikemo diangkat terus BAB-nya lewat kantong gitu kan,” terang Mpok Atiek.

“Nah beberapa bulan kemudian dikembalikan lagi ke semula dan itu nggak balik lagi namanya (meninggal dunia). Jadi Mpok trauma, takut untuk menjalankan operasi gitu, karena pengalaman mama jadi trauma,” sambungnya.

Beruntungnya pengobatan alternatif yang dijalani Mpok Atiek berjalan sukses. Dia kini sudah bisa beraktivitas seperti biasa dan tak lagi merasakan sakit.

Namun begitu, sang pelawak masih terus menjaga pola hidupnya agar tumor tersebut tak bertambah parah.

“Ya kalau sekarang makannya mah sudah rebus-rebusan aja, ya telur direbus, kentang direbus, sayurnya juga,” ujarnya.

“(Lalu) nggak boleh ngerokok, karena rokok itu satu pemicu menjadikannya kanker. Yang biasanya tidur agak larut malam, sekarang harus tidur pada waktunya, maksimal jam 23.00 harus tidur,” kata dia lagi. 

Penyakit tumor usus sudah diidap Mpok Atiek sejak Juni tahun lalu. Selama tujuh bulan belakangan, artis lawas itu rajin melakukan pengobatan alternatif demi menyembuhkan penyakitnya.

Sumber: www.suara.com