Viral  

Sosok Viral Sepanjang 2023, Ada Putri Ariani Hingga Nadia Omara

Semujer.com – Di samping artis dan publik figur, jagat maya Tanah Air di sepanjang tahun 2023 juga diwarnai dengan kemunculan sederet sosok viral.

Berawal dari media sosial, popularitas sederet sosok ini meroket lantaran wara-wiri ke sejumlah podcast artis hingga acara televisi.

Kira-kira siapa saja mereka? Berikut adalah 15 daftar sosok viral yang muncul di media sosial sepanjang tahun 2023.

1. Abigail Manurung

Pembuat jargon ‘bercyanda’ Abigail Manurung mendapatkan award “Jargon of The Year” (Instagram/officialgtv.id)

Titel sosok viral paling populer sepanjang tahun 2023 tampaknya disabet oleh Abigail Manurung. Wanita yang akrab disapa Gege ini terkenal imbas melontarkan jargon ikonik yang berbunyi ‘bercyanda’.

Jargon Abigail Manurung tersebut meledak lantaran banyak diparodikan oleh artis Tanah Air, di antaranya adalah Tiara Andini. Semenjak mendulang popularitas, mahasiswa baru UGM itu mulai wara-wiri ke sejumlah acara televisi.

Dalam acara Indonesia Trending Awards 2023 yang berlangsung pada Kamis (21/12/2023), Abigail Manurung menyabet piala penghargaan untuk kategori Jargon of The Year.

2. Satria Mahathir

Satria Mahathir Anak Siapa? (YouTube/dr. Richard Lee, MARS)
Satria Mahathir Anak Siapa? (YouTube/dr. Richard Lee, MARS)

Di samping Abigail Manurung, sosok viral yang tak kalah terkenal di tahun 2023 adalah Satria Mahathir. Dia terkenal lantaran mengaku alergi dengan pengguna ponsel Android.

Anak dari mantan Jenderal Polisi Bintang Dua, Yuskam Nur, dan mantan model Anita Agnes Alexandra itu juga dikenal usai acap kali membanggakan jumlah wanita yang pernah ditidurinya yakni sebanyak 28 orang.

Kendati masih berusia 20 tahun, Satria Mahathir rupanya sudah menyandang status sebagai seorang duda. Dia pernah menikah dengan Nindya Putri dan memiliki seorang anak.

3. Bayem Sore

Bayem Sore [Instagram/@bayem.sore]
Bayem Sore [Instagram/@bayem.sore]

Masih dari kalangan Gen Z, sosok viral di tahun 2023 berikutnya adalah Bayem Sore. Dia terkenal lewat konten YouTube yang memuat obrolan filsafat bocor di media sosial.

Dalam potongan konten YouTube tersebut, Bayem Sore melontarkan kalimat ikonik yang berbunyi ‘lo punya duit, lo punya kuasa’. Petuah Bayem Sore ini kemudian santer dijadikan parodi oleh sederet konten kreator.

Semenjak mengantongi ketenaran, Bayem Sore mendapat banyak tawaran endorsement hingga kolaborasi konten dengan artis Tanah Air seperti Abdel Achrian dan Onadio Leonardo.

4. Farel Aditya

 Kontroversi Farel Aditya (Instagram/@farel.konawak)
Kontroversi Farel Aditya (Instagram/@farel.konawak)

Farel Aditya menambah panjang daftar sosok viral di tahun 2023 yang berasal dari kalangan Gen Z. Dia terkenal lantaran dianggap menge-prank dr Richard Lee lewat cerita kesedihan hidupnya.

Selepas mendapat bantuan biaya sekolah dan uang untuk melunasi utang dari dr Richard Lee, Farel Aditya malah memilih berhenti sekolah tanpa klarifikasi. Dia juga disebut-sebut playing victim hingga membuat dr Richard Lee geram.

Meski sudah tak lagi berseteru dengan dr Richard Lee, Farel Aditya sempat menjadi bulan-bulanan publik. Dia juga diterpa isu pernah bergabung grup penyuka sesama jenis.

5. Putri Ariani

Putri Ariani usai tampil di acara ulang tahun Hotman Paris di The H Club Jakarta, Jumat (20/10/2023) [Semujer.com/Tiara Rosana]
Putri Ariani usai tampil di acara ulang tahun Hotman Paris di The H Club Jakarta, Jumat (20/10/2023) [Semujer.com/Tiara Rosana]

Berbeda dengan keempat sosok viral sebelumnya, Putri Ariani menjadi salah satu Gen Z yang terkenal dengan prestasi alih-alih kontroversi maupun sensasi.

Lewat suara emasnya, Putri Ariani berhasil menyihir Simon Cowell cs dalam babak seleksi America’s Got Talent (AGT) 2023. Kendati demikian, langkah Putri Ariani terhenti di babak final AGT dengan peringkat keempat.

Di sepanjang tahun 2023, Putri Ariani telah berkolaborasi dengan sejumlah musisi ternama seperti Ronan Keating, Alan Walker, dan Leona Lewis.

6. Bima Yudho

Bima Yudho [Instagram/@awbimax]
Bima Yudho [Instagram/@awbimax]

Selaras dengan Putri Ariani, Bima Yudho juga merupakan sosok viral di tahun 2023 yang berasal dari kalangan Gen Z. Dia memiliki prestasi berkuliah di luar negeri, yakni di UCSI Malaysia dan Macquarie University.

Kendati demikian, Bima Yudho terkenal bukan karena prestasinya, melainkan karena kritik pedas terhadap Pemerintah Provinsi Lampung ihwal kondisi infrastruktur.

Selepas kritik Bima Yudho viral di media sosial, Presiden Jokowi turun langsung dan mengambil alih perbaikan infrastruktur di Lampung.

7. Nisa Kinderflix

Anisa Rostiana alias Kak Nisa. [Instagram]
Anisa Rostiana alias Kak Nisa. [Instagram]

Mirip dengan Bima Yudho, Nisa Rostiana atau lebih dikenal Nisa Kinderflix juga memiliki minat di bidang pendidikan.

Selaku Sarjana Psikologi di Universitas Maranatha Bandung, Nisa Rostiana melebarkan sayapnya di bidang konten edukasi anak yang tayang dalam kanal Kinderflix.

Nama Nisa Rostiana kemudian viral lantaran cara komunikasinya digemari beragam kalangan usia. Namun sayang, Kak Nisa harus menelan pil pahit menjadi korban pelecehan seorang penonton dewasa.

8. Nadia Omara

Profil dan Penghasilan Nadia Omara (instagram/nadiaomara)
Profil dan Penghasilan Nadia Omara (instagram/nadiaomara)

Beralih ke kalangan Gen Milenial, sosok viral di tahun 2023 berikutnya terdapat nama Nadia Omara. Perempuan kelahiran 1992 itu dikenal sebagai YouTuber yang sering membahas konspirasi dan teori mistis.

Lantaran sering mengangkat kisah dari warganet, Nadia Omara menjadi nama yang paling banyak dicari netizen di Google sepanjang tahun 2023.

Komentar yang berbunyi ‘cerita ke Nadia Omara’ pun santer ditemukan dalam unggahan yang bersifat konspirasi maupun mistis.

9. Dede Inoen

Dede Inoen bawa boneka kuyang di konten podcast Deddy Corbuzier terbaru. (YouTube/Deddy Corbuzier)
Dede Inoen bawa boneka kuyang di konten podcast Deddy Corbuzier terbaru. (YouTube/Deddy Corbuzier)

Mirip dengan Nadia Omara, Dede Inoen juga terkenal karena sering menyinggung hal mistis dalam konten kulinernya. Kendati demikian, hal mistis dalam konten Dede Inoen hanya parodi semata.

Pria yang akrab disapa puncak rantai makanan itu acap kali menggunakan diksi tidak lazim seperti memasak ‘Raja Jin’ sebagai asosiasi kaki sapi dan ceker ayam yang menyerupai makhluk mistis.

Dengan konten-konten kreatif yang nyeleneh tersebut, Dede Inoen menjadi salah satu sosok viral di tahun 2023.

10. Codeblu

Potret Codeblu. (Instagram/@dr.richard_lee)
Potret Codeblu. (Instagram/@dr.richard_lee)

Masih dari ranah kuliner, sosok viral di tahun 2023 berikutnya adalah Codeblu. Dia disorot akibat berseteru dengan food vloger terkenal, Farida Nurhan, ihwal review makan warung Nyak Kopsah.

Farida Nurhan tidak terima dengan review Codeblu yang dianggap mematikan rezeki warung Nak Kopsah. Oleh karena itu, wanita yang akrab disapa Omay itu menyebar data pribadi dan menghina tampang Codeblu.

Selepas data pribadinya disebar Farida Nurhan, Codeblu akhirnya memutuskan tampil dalam podcast dr Richard Lee dan tak lagi merahasiakan wajahnya. Perseteruan keduanya berujung laporan polisi.

11. Tessa Mariska

Sempat merasa malu, Tessa Mariska akhirnya berani tampil nyanyi lagi loneliness di acara musik (Instagram/ @tessamariska.881)
Sempat merasa malu, Tessa Mariska akhirnya berani tampil nyanyi lagi loneliness di acara musik (Instagram/ @tessamariska.881)

Selanjutnya, sosok viral yang mendulang popularitas di tahun 2023 adalah Tessa Mariska. Dia terkenal karena melantunkan ulang lagu Putri Ariani bertajuk Loneliness dalam sebuah interview.

Akan tetapi, Tessa Mariska rupanya hanya ingat bagian reff lagu milik Putri Ariani sehingga sesi interview tersebut menggelak tawa publik.

Selain itu, suara Tessa Mariska saat menyanyikan lagu Putri Ariani juga ikonik mengingat kental dengan nada bahasa Sunda yang berbunyi ‘Yu brik my hat brik my haf’.

12. Meylisa Zaara

Meylisa Zaara. [Instagram]
Meylisa Zaara. [Instagram]

Sosok viral berikutnya adalah Meylisa Zaara. Selebgram asal Tulungagung itu membongkar dugaan perselingkuhan sesama jenis yang dilakukan oleh suaminya, RK Atok.

Isu RK Atok menyukai sesama jenis ini bermula dari kejanggalan yang dirasakan Meylisa Zaara saat memergoki chat mesra suaminya dengan seorang pria.

Di samping itu, Meylisa Zaara juga mengaku kerap menemukan bercak darah di lantai toilet setelah RK Atok mandi. Pernikahan yang dibangun keduanya pun kandas di meja hijau.

13. Jessica Rinrada

Jessica Rinrada [Instagram]
Jessica Rinrada [Instagram]

Masih seputar LGBT, sosok viral di tahun 2023 berikutnya adalah seorang transgender bernama Jessica Rinrada.

Saat menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci, Jessica Rinrada mendadak mendapat hidayah untuk bertaubat dan kembali ke kodratnya sebagai laki-laki.

Setibanya di Tanah Air, Jessica Rinrada berupaya berhenti menjadi seorang transgender dengan cara melepas implan payudara dan menghentikan terapi hormon.

14. Tiko Aryawardhana

Bunga Citra Lestari alias BCL dan Tiko Aryawardhana. [Instagram]
Bunga Citra Lestari alias BCL dan Tiko Aryawardhana. [Instagram]

Suami kedua Bunga Citra Lestari, Tiko Aryawardhana, juga menjadi salah satu sosok viral di tahun 2023. Dia mulai disorot selepas meminang mantan istri Ashraf Sinclair.

Akan tetapi, Tiko Aryawadhana santer diterpa isu tidak sedap, di antaranya yakni gaji lebih kecil dari BCL hingga gaya hidup yang negatif.

Isu miring tersebut bermula dari putusan pengadilan atas sidang perceraian Tiko Aryawardhana. Dia diketahui tidak dapat menafkahi keluarga dari pernikahan sebelumnya.

15. Arya Khan

Pinkan Mambo dan Arya Khan [TikTok/@arya_joget]
Pinkan Mambo dan Arya Khan [TikTok/@arya_joget]

Daftar sosok viral tahun 2023 ditutup oleh nama Arya Khan. Pria yang berprofesi sebagai pedagang sayur tersebut viral usai menikahi eks grup Duo Ratu, Pinkan Mambo.

Saat mempersunting Pinkan Mambo pada Minggu (24/12/2023), Arya Khan menyerahkan mas kawin sebesar Rp 100 ribu.

Akad nikah Pinkan Mambo dan Arya Khan pun digelar secara sederhana dengan prosesi agama Islam. Oleh karena itu, Pinkan Mambo santer diisukan Mualaf.

Nah itulah deretan sosok viral sepanjang tahun 2023. Bagaimana menurut kalian?

Sumber: www.suara.com