Viral  

Rinoa Aurora Cabut Laporan, Polisi Tak Langsung Bebaskan Leon Dozan

Semujer.com – Rinoa Aurora Senduk mantap mencabut laporan kasus penganiayaan terhadap Leon Dozan. Kabar tersebut juga sudah diketahui penyidik Polres Metro Jakarta Pusat.

“Kami sudah mendapatkan informasinya ya, tapi saya pribadi belum melihat hitam di atas putihnya tentang perdamaian antara pelapor dan terlapor,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro, Senin (4/12/2023).

Rinoa Aurora bersama sang ibunda dan orangtua Leon Dozan. (YouTube/ Intens Investigasi)

Pihak kepolisian menyambut baik wacana perdamaian Rinoa Aurora dan Leon Dozan. Sebab, dalam proses penyelesaian perkara menurut undang-undang, turut disertakan restorative justice sebagai salah satu upaya hukum yang dapat ditempuh.

“Kalau dari kami, ya alhamdulillah kalau pelapor dan terlapor sudah berdamai,” kata Susatyo. 

Hanya saja, penyidik tetap harus memastikan dulu apakah perdamaian yang disepakati Rinoa Aurora dan Leon Dozan sudah memenuhi syarat. Salah satunya seperti ada atau tidaknya kemungkinan bebasnya Leon menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat.

Rinoa Aurora Senduk dan ibunya, Yuliana Asaad di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (28/11/2023). [Semujer.com/Adiyoga Priyambodo]
Rinoa Aurora Senduk dan ibunya, Yuliana Asaad di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (28/11/2023). [Semujer.com/Adiyoga Priyambodo]

“Salah satu syaratnya itu, seperti tidak menimbulkan keresahan atau pun penolakan dari masyarakat. Ini adalah hukum publik dan memang sempat viral kan beberapa waktu lalu, jadi tentu nanti kami lihat prosesnya seperti apa,” ujar Susatyo.

Leon Dozan juga dipastikan tidak bisa langsung keluar sel setelah proses restorative justice dengan Rinoa Aurora Senduk disepakati. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dulu.

“Ada prosesnya, restorative justice itu ada prosesnya,” ucap Susatyo. 

Cerita kekerasan Leon Dozan terhadap Rinoa Aurora viral sejak Rabu (15/11/2023). Di media sosial, muncul bukti foto luka lebam di beberapa bagian tubuh Rinoa yang diduga hasil perbuatan Leon. Terdapat juga video yang menunjukkan momen ketika Leon memeluk Rinoa yang bermata sembab sambil berujar dirinya tidak takut dilaporkan sambil menghina polisi.

Oleh Rinoa Aurora, dugaan kekerasan oleh Leon Dozan dilaporkan ke Polda Metro Jaya sejak 8 November 2023. Menurut cerita pihak Rinoa, Leon sudah dua kali berperilaku kasar terhadap dirinya.

Laporan Rinoa Aurora Senduk kemudian dilimpahkan ke Polres Metro Jakarta Pusat per 9 November 2023 untuk ditindaklanjuti. Pasalnya, lokasi terjadinya tindak pidana masih berada di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Pusat.

Leon Dozan sendiri akhirnya ditangkap pada 16 November 2023 dan langsung dilakukan penahanan. Sejak saat itu, keluarga Leon aktif berkomunikasi ke pihak Rinoa Aurora Senduk untuk mengajukan permintaan damai.

“Ini kan kasus pertikaian anak muda aja,” kata ayah Leon Dozan, Willy Dozan dalam sebuah wawancara, Rabu (22/11/2023).

Kini, permintaan damai dari keluarga Leon Dozan berbuah hasil. Pihak Rinoa Aurora Senduk iba melihat kesedihan Betharia Sonata usai Leon dipenjara.

Saat ini, Rinoa Aurora Senduk dan ibunya, Yuliana Asaad sedang memproses pencabutan laporan terhadap Leon Dozan.

Sumber: www.suara.com