Viral  

Pernah Dibayar Sampai Rp 200 Juta, Ustaz Solmed Klarifikasi Soal Tarif Ceramah: Itu Hak Gue

Semujer.com – Ustaz Solmed angkat bicara mengenai kabar tarif ceramahnya yang fantastis. Terkait ini, dia mengaku tidak pernah mematok harga.

“Gue yakin, saat orang ngundang gue, dia juga punya persiapan. Maka yang pertama kali gue tanya soal bayaran tuh, ‘Memangnya kamu punya berapa? Nyiapin berapa?’,” kata Ustaz Solmed di akun YouTube AH yang diunggah pada Minggu (21/1/2024).

“Bisa saja gue ngomong sekian, tahu-tahunya dia nyiapin lebih, rugi gue. Ini pernah kejadian,” sambungnya lagi.

Suami April Jasmine ini lantas bercerita kalau pernah dibayar sampai Rp 200 juta untuk sekali ceramah.

“Ada yang ngundang gue, gue bilang terserah bapak saja (bayar berapa). Terus dibawa ke daerah Sulawesi. Last minutes, gue masih diem karena belum ada informasi bayaran, tiba-tiba begitu boarding, dia siapin dua kertas. Saya sudah transfer pak ustaz Rp 200 juta,” ungkap Ustaz Solmed.

“Andai gue nyebut, gue nggak tega nyebut segitu. Tapi begitu nggak nyebut, itu adalah rezeki. Gue nggak bisa menyebutkan, yang ada bijaksana, bijaksini,” imbuhnya.

Ustaz Solmed menegaskan ceramahnya mengenai agama sejatinya gratis.

Ustaz Solmed. [Instagram/ustadz_solmed]

“Gue ceramah nggak perlu dibayar. Buktinya elo dateng, gue ceramah tentang ilmu itu nggak dibayar, kalo elo ke sini (rumahnya),” bebernya.

Tapi itu sudah beda cerita kalau Ustaz Solmed diundang ceramah di luar rumah.

“Kalo di luar, elo bukan bayar ilmu gue. Elo bayar capek gue, elo bayar keringet gue, elo bayar tenaga gue, transportasi gue, elo bayar waktu gue yang hilang dengan keluarga,” ujar Ustaz Solmed.

“Dan itu sama kayak motivator-motivator atau siapapun pengisi acara. Ilmu gue sebenarnya gratis. Elo ke sini gue kasih kopi, makan. Tapi begitu gue keluar, elo bayar tenaga gue. Dan itu hak gue,” tandasnya.

Sumber: www.suara.com