Viral  

Pengalaman Tinggal di Rusia Diaplikasikan Ivan Gunawan di Koleksi Tebaru Hijab Mandjha

Semujer.com – Ivan Gunawan tak pernah kehabisan ide untuk mengembangkan bakatnya di dunia fashion. Kekinian, desainer dan presenter ternama itu memperkenalkan koleksi terbarunya dari brand Hijab Mandja Ivan Gunawan Raya Collection 2024.

Ivan Gunawan memberi nama “Light of Treasur” untuk koleksi terbaru Hijab Mandja dan menjadi salah satu koleksi Idul Fitri 2024. Rupanya, koleksi ini lahir dari kenangan dan pengalaman Igun selama tinggal di Rusia. Rusia dengan segala keunikan alam, budaya, dan manusianya telah memberikan banyak inspirasi buat lelaki 42 tahun tersebut.

“Ini annual show Hijab Mandjha Raya Collection yang ke 7 Terinspirasi dari perjalanan hidupku, yang aku anggap sebagai treasure. Aku pernah kecil di Rusia, dan aku lihat peradaban islam juga kuat di Rusia. Ada masjid, matrioska, dan abjad Rusia yang khas. Tulisan Mandjha kali ini menggunakan abjad Rusia,” kata Ivan Gunawan usai memperkenalkan Mandjha Raya Collection dalam acara fashion show di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Salah satu koleksi brand Hijab Mandjha by Ivan Gunawan. [dokumentasi pribadi]

Kultur dan cara berpakaian sebagian perempuan Rusia yang menutup kepala dengan kerudung, menjadi salah satu inspirasi Ivan Gunawan. Motif wajik atau argyle dari Faberge Egg yang sangat terkenal dari St. Petersburg diterapkan sebagai motif yang dominan di koleksi Hijab Mandjha kali ini.

Dihiasi juga dengan motif-motif floral khas ornamen interior Winter Palace di St. Petersburg. Sementara boneka Matrioska muncul sesekali sebagai pelengkap motif print. Sebagai variasi, Ivan juga menambahkan sedikit unsur Maroko untuk memperkuat kultur Islam dari negeri Sahara.

Mood rancangan bernuansa Gypsy look, dengan elemen seperti rompi, blus panjang berlengan peasant, rok-rok gathered bertingkat yang mekar cantik, gaun-gaun panjang bertingkat, dan celana-celana palazzo yang elegan. Bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang flowy, berdetail frill, dan sentuhan Crystal Beads.

Untuk pilihan warna, ada nuansa tosca dengan kombinasi sentuhan pink powder. Ada nuansa monokrom tema hitam berdetail motif. Ada nuansa warna pink, nuansa warna coklat dan krem.

Salah satu koleksi brand Hijab Mandjha by Ivan Gunawan. [dokumentasi pribadi]
Salah satu koleksi brand Hijab Mandjha by Ivan Gunawan. [dokumentasi pribadi]

Selain itu, Ivan Gunawan juga merancang koleksinya disesuaikan dengan budaya lebaran di Tanah Air. Maka dari itu, mantan host Brownis ini pun memilih bahan-bahan berkualitas yang kuat.

“Di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, cara kunjung mengunjungi saat berlebaran bermacam-macam, ada naik motor, naik angkutan, atau berombongan dalam satu mobil, makanya bahan yang aku pilih di sini yang nyaman untuk dipakai, enggak mudah lecek atau kusut,” ujar Ivan Gunawan.

Koleksi Hijab Mandja dibanderol dengan harga bervariasi. Mulai dari Rp350 ribu hingga Rp2,5 juta. “Rancangan-rancangan ini nantinya bisa dipakai untuk kesempatan lain. Selain itu, Mandjha juga dibuat untuk beramal dan bersedekah,” tutur Ivan Gunawan.

Hijab Mandjha berhasil mengumpulkan dana Rp1,5 miliar dalam hanya satu minggu dari penjualan delapan kerudung eksklusif. Dana disalurkan ke Palestina, untuk membeli ambulans, sembako, dan lain-lain. Penjualan hijab Palestina ini masih berjalan. Dari keuntungan Hijab Mandjha, Ivan juga berhasil membangun sebuah Mesjid di Uganda, membangun pesantren dan rumah Tahfiz Quran di Sawangan Depok yang saat ini sudah menampung sekitar 100 orang santri.

Sumber: www.suara.com