Viral  

Oscar Lawalata yang Transpuan Masuk Nominasi Pemeran Utama Perempuan Terbaik di FFI 2023, Begini Kata Reza Rahadian

Semujer.com – Asha Smara Darra masuk menjadi salah satu nominasi dalam kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik di ajang Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 lewat film Sara. Ini menjadi pro kontra sebab Asha Smara Darra merupakan seorang transpuan dengan nama asli Oscar Lawalata.

Reza Rahadian selaku ketua Komite FFI periode 2021-2023 memberikan tanggapan soal itu. Reza menyebut nama-nama aktor yang masuk nominasi diberikan langsung oleh produser film itu sendiri.

Reza Rahadian di acara IdeaFest 2023, Jakarta pada Minggu (1/10/2023). [Semujer.com/Adiyoga Priyambodo]

“Pertanyaan kedua soal Asha, seorang transpuan. Kami di komite itu selalu mendapatkan daftar aktor aktris baik pendukung maupun utama itu melalui penuh keputusan produser. Jadi keputusan itu adanya bukan di komite, tetapi produser yang mendaftarkan,” ujar Reza Rahadian dalam konferensi pers pagelaran FFI 2023 di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023).

“Misalnya saya bermain dalam sebuah film, di mana peran saya mungkin cukup banyak di film itu tapi tiba-tiba produser berpikir saya akan didaftarkan untuk kategori pemeran pendukung,” kata Reza Rahadian menyambung.

Pihak Komite FFI hanya memberikan formulir kepada setiap produser untuk menuliskan nama-nama dan kategori aktor yang ingin diajukan.

Penampilan Oscar Lawalata alias Asha Smara Darra di film Sara. [Instagram]
Penampilan Oscar Lawalata alias Asha Smara Darra di film Sara. [Instagram]

“Itu terserah produser, jadi kami hanya memberikan form, diisi oleh produser. Nama aktor-aktor, aktris-aktris yang ada di film itu mau didaftarkan di wilayah kategori yang mana. Jadi menurut saya itu sudah cukup clear, Asha didaftarkan pada pemeran utama wanita, perempuan dan itu yang kami terima,” imbuh Reza Rahadian.

Kemudian nama Asha Smara Darra atau Oscar Lawalata disetujui dan diumumkan oleh pihak FFI 2023 setelah cukup dipilih oleh beberapa akademi.

“Dan kami umumkan ketika namanya sudah ada di vote oleh cukup banyak oleh akademi juga, sehingga memasuki urutan menjadi salah satu nomine di dalam pemeran utama wanita terbaik,” tutur Reza Rahadian. 

Sumber: www.suara.com