Viral  

Ningrat vs Kiai, Adu Latar Belakang Didit Prabowo dan Alam Ganjar Usai Adab Dibanding-bandingkan

Semujer.com – Nama anak tunggal Prabowo dan Titiek Soeharto, Didit Prabowo mendadak menjadi perbincangan. Pria yang juga dikenal dengan nama lain Didit Hediprasetyo ini ramai dibandingkan dengan Alam Ganjar.

Sikap yang tidak mau diistemawakan membuat Didit disebut ‘lebih baik’ ketimbang putra dari Ganjar Pranowo. Hal itu terlihat dari sebuah unggahan di akun TikTok @lastridyudhevi_93.

Sejak saat itu, perbedaan-perbedaan antara kedua anak paslon ini terus diperbincangkan. Menariknya, mereka memang memiliki latar belakang keluarga yang berbeda.

Titiek Soeharto, Didit Prabowo dan Prabowo Subianto (instagram)

Didit Prabowo

Pria yang lahir dengan nama lengkap Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo ini memang tidak berasal dari keluarga yang sembarangan. Hal ini tidak hanya dilihat dari kedua orang tuanya yang tak lain adalah Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto.

Jika dilihat dari sang Ayah, Didit merupakan putra dari seorang perwira tinggi militer sekaligus Menteri Pertahanan Indonesia. Selain itu, ia adalah cucu dari ekonom terkenal asal Indonesia, Soemitro Djojohadikusumo.

Sementara dari sisi Ibu, ia adalah cucu dari presiden kedua Indonesia, presiden Soeharto. Kakek dari pihak Ayah Didit juga memiliki hubungan yang dekat dengan kakeknya dari pihak Ibu, Presiden Soeharto. 

Pasalnya, Soemitro Djojohadikusumo pernah menjabat sebagai menteri saat pemerintahan Soeharto. Ia juga pernah menjadi Menteri Keuangan dalam pemerintahan presiden sebelumnya, Soekarno.

Silsilah Didit Prabowo tidak berhenti di situ. Neneknya dari Ibu, Tien Seoharto adalah seorang wanita ningrat. Nama lengkap dari Tien Seoharto adalah Raden Ayu Hj. Siti Hartinah.

Ibu dari Tien Soeharto, sekaligus buyut Didit Prabowo adalah KPH Soemoharjomo dan Raden Ayu Hatmanti Hatmohoedojo. Tien Soeharto juga canggah (keturunan) dari Mangkunagara III dari pihak Ibu.

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersama istrinya, Siti Atikoh dan anaknya, Alam Ganjar foto bersama usai mencoblos di TPS 11 yang terletak di Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah. (Instagram/Ganjar Pranowo)
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersama istrinya, Siti Atikoh dan anaknya, Alam Ganjar foto bersama usai mencoblos di TPS 11 yang terletak di Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah. (Instagram/Ganjar Pranowo)

Alam Ganjar

Sementara itu, garis keturunan Alam Ganjar bisa dilihat dari kedua orang tuanya, Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh. Ganjar sendiri dikenal sebagai sosok pejabat dari keluarga yang sederhana.

Ia merupakan anak dari Parmudji Pramudi Wiryo dan ibu bernama Sri Suparni. Ayah dari Ganjar, kakek Alam Ganjar adalah seorang polisi.

Kakeknya tersebut pernah terlibat dalam operasi khusus,  operasi penumpasan gerakan PRRI di Sumatera Tengah. Berbeda lagi dengan garis keturunan Alam Ganjar dari sang Ibu.

Ibunya, Siti Atikoh Suprianti adalah seorang birokrat. Namun ia memutuskan untuk melepaskan jabatan tersebut usai memilih fokus mendukung karier pejabat suaminya.

Namun jangan salah, ibunda dari Alam Ganjar ini juga bukan orang sembarangan. Siti Atikoh merupakan cucu dari tokoh agama Islam terkenal, K.H Hisyam A Karim.

K.H Hisyam A Karim adalah pendiri dari Pondok Pesantren Riyadus Sholikhin Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga. Hal ini membuat Alam Ganjar memiliki keturunan darah kiai dalam dirinya.

Sumber: www.suara.com