Viral  

Konser Artis Mancanegara di Indonesia Sepanjang 2023, Ada yang Berakhir Rusuh

Semujer.com – Setelah pandemi Covid-19 berakhir, sederet musisi internasional mulai kembali menjejakkan kaki di Tanah Air. Sepanjang tahun 2023, tercatat lebih dari 15 artis mancanegara yang menggelar konser di Indonesia.

Cerita konser masing-masing artis di Indonesia berbeda-beda. Bahkan, ada konser yang berhenti di tengah jalan karena faktor teknis.

Lantas siapa saja mereka yang tampil di Indonesia sepanjang 2023? Simak berikut ini:

1. Nightwish

Awal tahun 2023 dibuka dengan penampilan grup band metal asal Finlandia, Nightwish. Setelah menunda satu tahun tur Asia akibat pandemi Covid-19, Nightwish akhirnya melepas dahaga penikmat musik metal di Indonesia.

Floor Jansen dan kawan-kawan ini tampil di Jakarta pada Selasa (17/1/2023) dengan venue konser di Istora Senayan.

Selama unjuk gigi di Indonesia, Nightwish menampilkan beberapa lagu bereka dalam album baru bertajuk Human.:II:Nature.

2. Cigarettes After Sex

Selang satu bulan kemudian, giliran grup band Cigarettes After Sex (CAS) menghibur skena musik Indonesia. Grup band asal Amerika Serikat tersebut tampil di Ecovention Hall Jakarta pada Jumat (3/2/2023).

Poster Cigarettes After Sex konser di Indonesia (Instagram/infokonserjakarta)

Greg Gonzalez dan kawan-kawan membawakan sebanyak 15 lagu, di antaranya adalah lagu-lagu hits mereka seperti ‘Nothing’s Gonna Hurt You Baby’, ‘K.’, dan ‘Heavenly’.

3. Westlife

Konser musik artis internasional selanjutnya yang berlangsung di bulan Februari 2023 adalah grup boyband asal Irlandia, Westlife. Mereka tampil di Indonesia dalam sebuah konser bertajuk ‘Westlife The Wild Dreams Tour 2023’.

Personel Westlife, Nicky Byrne (kiri) dan Kian Egan (kanan) tampil dalam konser bertajuk 'The Wild Dream Tour 2023' di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (11/2/2023). [Semujer.com/Alfian Winanto]
Personel Westlife, Nicky Byrne (kiri) dan Kian Egan (kanan) tampil dalam konser bertajuk ‘The Wild Dream Tour 2023’ di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (11/2/2023). [Semujer.com/Alfian Winanto]

Konser grup boyband besutan Nicky Byrne dan kawan-kawan ini digelar sebanyak dua kali. Pertama di ICE BSD Tangerang pada Kamis (9/2/2023) dan di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta pada Sabtu (11/2/2023).

Pada tur Wild Dream Tour, Westlife mengajak para penggemarnya bernostalgia dengan lagu-lagu hits mereka seperti ‘Uptown Girl’ dan ‘Alone Together’. Konser Westlife di Indonesia dibuka oleh Judika Sihombing dengan lagu bertajuk ‘Beautiful in White’.

4. Secondhand Serenade

Beralih ke Maret, artis mancanegara yang melangsungkan konser di Indonesia adalah grup band rock akustik Secondhand Serenade.

Tampil di lima kota, John Vesely dan kawan-kawan ini memulai tur mereka dari Bali dan berakhir di Bandung.

Secondhand Serenade tercatat tampil di Bali pada Sabtu (4/3/2023), Jakarta pada Minggu (5/3/2023), Yogyakarta pada Rabu (8/3/2023), Surabaya pada Jumat (10/3/2023), dan Bandung pada Sabtu (11/3/2023).

Dalam konser Everblast Festival di Jakarta, Secondhand Serenade berbagi panggung bersama band luar negeri lain seperti Hoobastank dan Simple Plan.

5. BLACKPINK

Selang enam hari kemudian, BLACKPINK unjuk gigi di Indonesia. Grup girlband asal Korea Selatan itu menyapa para penggemarnya di Indonesia untuk kali kedua dalam gelaran konser BLACKPINK World Tour (Born Pink).

Girl group BLACKPINK. (Twitter/allkpop)
Girl group BLACKPINK. (Twitter/allkpop)

Konser BLACKPINK berlangsung selama dua hari yakni Sabtu (11/3/2023) dan Minggu (12/3/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Jennie dan kawan-kawan membawakan lagu-lagu hits mereka seperti ‘How You Like That’ dan ‘Pink Venom’.

Beberapa artis Tanah Air juga turut meramaikan konser BLACKPINK di Jakarta, di antaranya adalah Nagita Slavina, Ayu Ting Ting, Ashanty, dan Aurel Hermansyah.

6. Arctic Monkeys

Masih di bulan Maret, skena musik Indonesia kedatangan tamu grup musik rock asal Inggris yakni Arctic Monkey. Konser Arctic Monkeys di Jakarta merupakan penutup dari rangkaian tur Asia 2023.

Arctic Monkeys [Instagram/@arcticmonkeys]
Arctic Monkeys [Instagram/@arcticmonkeys]

Alex Turner dan kawan-kawan ini tampil unjuk gigi di Stadion Internasional Beach City Ancol pada Sabtu (18/3/2023). Konser Arctic Monkeys dibuka oleh penampilan vokalis band Reality Club, Fathia Izzati.

Beberapa lagu yang dibawakan Arctic Monkeys untuk menghibur penonton di Jakarta adalah ‘Sculptures of Anything Goes’, ‘Brainstorm’, dan ‘Snap Out of It’.

7. Suga BTS

Selain BLACKPINK, artis asal Korea Selatan yang menggelar konser di Indonesia di tahun 2023 adalah Min Yoongi atau dikenal dengan nama panggung Suga.

Personel grup boyband BTS tersebut tampil dalam tur album perdananya yang bertajuk D-Day. Konser musik ‘AGUST D Tour in Jakarta ini berlangsung selama tiga hari yakni Jumat (26/6/2023), Sabtu (27/6/2023), dan Minggu (28/6/2023).

Suga BTS (Twitter.com/bts_official)
Suga BTS (Twitter.com/bts_official)

Suga BTS membuka turnya di Indonesia dengan single bertajuk ‘Haegeum’. Selain itu, dia juga membawakan lagu aransemen ulang ‘Life Goes On’, ‘Seesaw’, ‘UGH!’, dan ‘Shadow’.

8. KANA-BOON

Di samping KPopers, penikmat musik Jepang dan penggemar Anime juga terpuaskan dahaganya di tahun 2023 ini dengan penampilan grup band asal Jepang Kana-Boon.

Kana-Boon langsung menghentakan panggung Impactnation Japan Festival 2023 dengan lagu andalan mereka seperti ‘Silhouette’ yang merupakan soundtrack anime Naruto dan ‘Baron Road’ yang adalah soundtrack anime Boruto.

Dalam konser yang berlangsung pada 29-30 Juli 2023 itu, Kana-Boon berbagi panggung dengan band asal Jepang lain yakni Flow, Yama, dan Cho Tokimeki Sendenbu.

9. Ronan Keating

Selanjutnya, artis mancanegara yang tampil unjuk gigi di Indonesia adalah Ronan Keating. Dia tampil dalam konser solonya bertajuk Epic Friday di Hotel Pullman Jakarta Park pada Jumat (18/8/2023).

Ronan Keating [shutterstock]
Ronan Keating [shutterstock]

Dalam helatan konser musik tersebut, pentolan BoyZone itu mengajak para penggemar bernostalgia dengan lagu-lagu hits tahun 1999 hingga 2000-an seperti ‘Baby Can I Hold You’ dan ‘If Tomorrow Never Comes’.

Tidak hanya itu, Ronan Keating juga berkolaborasi dengan penyanyi Putri Ariani membawakan lagu bertajuk ‘No Matter What’.

10. Neck Deep

Grup band Pop-punk asal Inggris, Neck Deep, menambah panjang daftar artis mancanegara yang tampil di Indonesia sepanjang tahun 2023.

Terdapat sebanyak tiga kota di Indonesia yang menjadi sasaran tur konser Neck Deep Live in Australia dan Asia.

Neck Deep. [Instagram]
Neck Deep. [Instagram]

Band yang digawangi oleh Ben Barlow tersebut tampil di Surabaya pada Jumat (15/9/2023), di Jakarta pada Sabtu (16/9/2023), dan di Medan pada Minggu (17/9/2023).

11. ONE OK ROCK

Grup band asal Jepang berikutnya yang menyusul Kana-Boon dan Flow untuk menggelar konser di Indonesia pada tahun 2023 adalah One Ok Rock.

Konser One Ok Rock di Stadium International Beach City pada Sabtu (30/9/2023) [dok: PK Entertainment]
Konser One Ok Rock di Stadium International Beach City pada Sabtu (30/9/2023) [dok: PK Entertainment]

One Ok Rock sukses mengobati 10 tahun penantian penggemar Indonesia. Pasalnya, Takahiro Moriuchi dan kawan-kawan terakhir kali konser di Indonesia pada tahun 2013 silam.

Pada tahun ini, On Ok Rock sukses menghentak panggung Beach City International Stadium Ancol selama dua hari berturut-turut yakni pada 29 dan 30 September 2023.

12. BMTH

Artis mancanegara selanjutnya yang tampil di Indonesia adalah Bring Me The Horizon (BMTH). Grup band asal Inggris itu dijadwalkan tampil di Beach City International Stadium Ancol pada Jumat (10/11/2023) dan Sabtu (11/12/2023).

Namun sayang, konser BMTH mendadak dihentikan pada hari pertama dan batal digelar pada hari kedua. Pada hari pertama, BMTH menghentikan penampilannya di lagu ke-11 dari total 19 lagu setlist yang seharusnya dibawakan.

Vokalis BMTH, Oliver Sykes [Instagram/olobersykes]
Vokalis BMTH, Oliver Sykes [Instagram/olobersykes]

Imbasnya, gelaran konser tersebut berakhir ricuh. Sejumlah penonton naik ke atas panggung meluapkan emosinya. Tidak hanya itu, beberapa oknum dikabarkan merusak bahkan menjarah peralatan musik seperti stand mic Oliver Sykes.

13. Coldplay

Konser bertajuk Music of The Spheres Tour 2023 yang berlangsung pada 15 November 2023 kemarin menjadi kali pertama Chris Martin dan kawan-kawan menjejakkan kakinya di Indonesia.

Profil Chris Martin (Instagram/@coldplay)
Profil Chris Martin (Instagram/@coldplay)

Sebelum menggebrak Stadion Utama Gelora Bung Karno, Chris Martin sempat mencuri perhatian publik lantaran terciduk berjalan tanpa alas kaki alias nyeker di jalanan ibu kota.

Kendati baru perdana tampil di Indonesia, grup band asal Inggris tersebut sukses menghibur para penonton dengan membawakan sekitar 25 lagu. Mereka membawakan lagu-lagu hits seperti ‘The Scientist’, ‘Fix You’, dan ‘Yellow’.

14. Alesso

Beralih ke bulan Desember 2023, artis mancanegara yang tampil di Indonesia berikutnya adalah Alesso. Dia diketahui berbagi panggung dengan artis lain seperti David Guetta, Steve Angello, DJ Snake, Alok, hingga Fisher.

Alesso unjuk gigi dalam konser musik bertajuk Djakarta Warehouse Project (DWP) yang berlangsung di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali pada 8 Desember 2023.

Gelaran konser Alesso di Bali ini santer disorot lantaran disaksikan oleh sederet publik figur seperti Fuji, Asnawi Mangkualam, dan Steffi Zamora.

15. TWICE

Tahun 2023 ditutup dengan konser musik TWICE. Grup girlband asal Korea Selatan itu berhasil membayar tuntas kerinduan para penggemar setelah 5 tahun penantian panjang.

TWICE (Twitter/allkpop)
TWICE (Twitter/allkpop)

Di samping menghibur penonton, Jihyo dan kawan-kawan juga santer mencuri atensi lantaran mengenakan gaya busana yang lebih tertutup saat tampil di Indonesia.

Konser bertajuk TWICE 5TH World Tour Ready To Be In Jakarta yang berlangsung pada Sabtu (23/12/2023) ini juga disaksikan oleh putra Ganjar Pranowo, Alam Ganjar, dan kekasihnya, Eca Aura.



Sumber: www.suara.com