Viral  

Keseruan ‘Trial Class Pecahkan Imajinasinya’, Kelas Gratis Belajar Stand Up Comedy

Semujer.com – Comika kembali membuka kelas ‘Trial Class, Pecahkan Imajinasinya’ untuk belajar stand up comedy. Kelas yang telah diadakan dua kali ini menyuguhkan materi mengenai Theatre of Mind.

Digelar di Markas Comika, Petogogan, Jakarta Selatan, Sabtu (2/3/2023) , kelas ini dibuka untuk umum dan gratis. Jurnalis Semujer.com termasuk jadi ‘murid’ di kelas tersebut.

Terpantau di lokasi, peserta yang ikut cukup banyak. Ruangan Comika Comedy Club di Markas Comika lantai 2, penuh terisi. Peserta juga ada yang ikut secara daring.

Pengajar kelas ini adalah komika asal Bogor Dany Beler. Dia merupakan salah satu komika Tanah Air yang jago membawakan materi story telling. Mungkin ini alasan Comika menunjuknya sebagai ‘guru’ di kelas Theatre of Mind.

Suasana Trial Class Pecahkan Imajinasinya di Markas Comika, Jakarta Selatan [Instagram]

Sebelum mulai belajar, Dany Beller lebih dulu berinteraksi dengan para peserta. Namanya juga komika, ada saja punchline dari mulutnya yang mengocok perut kami di sana.

Materi Theatre of Mind yang dijelaskan Dany Beler dibagi jadi empat bagian, yakni Pentingnya Theatre of Mind, Kekuatan Kata dalam Membentuk Imajinasi, Theatre of Minde dalam Stand Up Comedy, dan Praktik Kocak: Theatre of Mind.

Menurut Dany Beler, Theatre of Mind adalah pertunjukan dalam pikiran lalu ditransformasikan ke orang lain. Bila dikaitkan dengan stand up comedy, asumsi penonton yang sudah terbentuk dari transformasi tadi, kemudian dipatahkan oleh si komika agar menghasilkan efek kejut dan tawa.

Penjelasan Dany Beller cukup komprehensif. Agar peserta mudah memahami subtansinya, komika jebolan SUCI 7 Kompas TV ini juga memberikan contoh, lewat video atau pun praktik di atas panggung.

Suasana Trial Class Pecahkan Imajinasinya di Markas Comika, Jakarta Selatan [Instagram]
Suasana Trial Class Pecahkan Imajinasinya di Markas Comika, Jakarta Selatan [Instagram]

Serunya, para peserta juga diminta praktik langsung melakukan theatre of mind dari cerita yang dibuat Dany Beler. Kemudian, peserta disuruh untuk menyempurnakannya lewat punchline sendiri.

Ada beberapa peserta yang maju ke atas panggung. Namanya juga pemula, tak sedikit yang kagok ketika diminta melakukan theatre of mind stand up comedy. Tapi paling tidak, para peserta sudah tahu ilmunya, tinggal banyak dilatih.

Menutup kelas ini, para peserta berfoto bareng Dany Beler di atas panggung. Senyum semringah terpancar dari wajah para peserta karena mendapatkan ilmu baru secara gratis.

Rangkaian menuju Sekolah Pecahkan

‘Trial Class Pecahkan Imajinasinya’ merupakan rangkaian kelas menuju Sekolah Pecahkan yang akan dibuka Comica.

Sekolah Pecahkan secara umum adalah tempat belajar kesenian stand up comedy. Sekolah ini dibuka untuk belajar penulisan dan teknik public speaking yang akan dipakai di opsi karier lebih luas.

“Tapi secara spesifik Sekolah Pecahkan ini akan membantu siapa pun untuk jadi stand up comedian atau komika,” kata Pandji Pragiwaksono selaku Co-CEO Comika.

Sekolah Pecahkan disebut sekolah karena akan berjalan sepanjang tahun dan dibagi dua semester.

Pada semester pertama, peserta akan dibantu dari membuat joke pertama sampai dapat job pertama.

“Semester keduanya isinya akan membantu job pertama sampai special show pertama,” ujar Pandji.

Berbeda dengan Trial Class, Sekolah Pecahkan akan dikenakan biaya per semesternya. 



Sumber: www.suara.com