Viral  

Kasus Terheboh Sepanjang 2023, Video Syur hingga Penganiayaan Berujung Koma

Semujer.com – Tahun 2023 segera berakhir. Sepanjang tahun ini banyak kasus yang terjadi dan kami tulis di kanal Entertainment

Kasus tersebut mulai dari video syur, penganiayaan, pelecehan seksual hingga perselingkuhan.

Skandal video syur terjadi pada Rebecca Klopper. Sementara penganiaayan dialami Venna Melinda dan David Ozora. 

Tak ketinggalan, ada juga pelecehan seksual yang terjadi di ajang kecantikan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023. 

Mau tahu lebih lengkap deretan kasus terheboh sepanjang 2023? Simak ulasannya berikut ini: 

1. Venna Melinda

Venna Melinda menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga alias KDRT dari Ferry Irawan. Peristiwa ini terjadi di hotel kawasan Kediri, Jawa Timur, 8 Januari 2023.

Venna Melinda mengembalikan barang-barang Ferry Irawan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2023). [Adiyoga Priyambodo/Semujer.com]

Foto wajah Venna Melinda dengan hidung yang bercucuran darah, menjadi bukti yang sempat viral. Atas kejadian ini, Ferry Irawan dilaporkan ke Polda Jawa Timur.

Ferry Irawan kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus KDRT. Ia dipenjara dan dibebaskan setelah menjalani hukuman kurang lebih 7 bulan.

2. David Ozora

David Ozora menjadi korban penganiayaan Mario Dandy, anak mantan pejabat pajak. Peristiwa terjadi di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada 20 Februari 2023.

Terdakwa kasus penganiayaan David Ozora, Mario Dandy saat menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (7/9/2023). [Semujer.com/Alfian Winanto]
Terdakwa kasus penganiayaan David Ozora, Mario Dandy saat menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (7/9/2023). [Semujer.com/Alfian Winanto]

Mario Dandy menyuruh David Ozora push up, melakukan gerakan penyesalan ala militer. Ia kemudian menendang dan menginjak David Ozora hingga remaja tersebut tidak sadarkan diri.

“Anak saya tiga hari kejang-kejang, nggak bisa komunikasi, koma dan sekarang levelnya paling rendah,” kata ayah David Ozora, Jonathan Latumahina di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Juni 2023.

Mario Dandy Satriyo divonis 12 tahun penjara dan dibebankan biaya restitusi terhadap David Ozora Rp 120 miliar. Jika tidak mampu, hukuman akan bertambah 7 tahun.

3. Pierre Gruno 

Pierre Gruno usai keluar dari penjara di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023). [Semujer.com/Adiyoga Priyambodo]
Pierre Gruno usai keluar dari penjara di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023). [Semujer.com/Adiyoga Priyambodo]

Aktor senior Pierre Gruno dilaporkan pria berinisial GD di Polres Metro Jakarta Selatan pada Sabtu (1/7/2023). Kasusnya terkait penganiayaan yang terjadi di bar hotel Cilandak, Jakarta Selatan.

Dari keterangan pelapor, Pierre Gruno tidak terima dipandang sinis. Hingga akhirnya ia memberikan bogem mentah kepada Giri Budisetiawan, lelaki berusia 63 tahun.

Pierre Gruno sempat dipenjara kurang dari sebulan di Polres Metro Jakarta Selatan. Beruntung, korban akhirnya memilih damai dari kasus penganiayaan ini.

4. Ayu Aulia

Ayu Aulia untuk kesekian kalinya kembali berhadapan dengan kasus hukum. Kali ini, ia dilaporkan tunangannya, Abhinaya ke Polres Metro Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 6 September 2023. Kasusnya terkait dugaan penganiayaan dan perusakan.

Ayu Aulia usai dimintai keterangan atas dua laporan terhadap Gege Fransiska di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023). [Semujer.com/Yoga]
Ayu Aulia usai dimintai keterangan atas dua laporan terhadap Gege Fransiska di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023). [Semujer.com/Yoga]

“Ada dijambak, fisik. (Luka) di tangan, leher, punggung, baju saya juga sampai robek,” kata Abhinaya ditemui di Polres Metro Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Selasa (19/9/2023).

Kasus dugaan penganiayaan ini kemudian menjadi samar. Lantaran dalam waktu yang bersamaan, Ayu Aulia juga dituduh sebagai pelakor.

5. Vadel Badjideh

Vadel Badjideh, seorang penari yang namanya melambung karena berpacaran dengan Lolly anak Nikita Mirzani, terlibat kasus penganiayaan pada Oktober 2023.

Biodata Lengkap dan Agama Vadel Badjideh (Instagram/@vadelbadjideh)
Biodata Lengkap dan Agama Vadel Badjideh (Instagram/@vadelbadjideh)

Masalah bermula saat Vadel Badjideh bersama dua orang lainnya berada di Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Seorang anggota TNI, Pelda Alex Edison kemudian menegur pacar Lolly karena dianggap ugal-ugalan di jalan.

Tidak terima ditegur, Vadel Badjideh dan satu orang lainnya mengeroyok Alex yang merupakan anggota TNI tersebut. Setelah dua minggu dipenjara, lelaki tersebut akhirnya bebas karena Alex mencabut laporannya.

6. Leon Dozan

Aksi sok jagoan juga dilakukan aktor muda Leon Dozan. Ia dilaporkan sang kekasih, Rinoa Aurora ke Polres Metro Jakarta Pusat atas kasus penganiayaan.

Leon Dozan dan Rinoa Aurora [Semujer.com/Rena Pangesti]
Leon Dozan dan Rinoa Aurora [Semujer.com/Rena Pangesti]

Peristiwa terjadi pada Oktober 2023, di mana awalnya pasangan ini terlibat cekcok. Sampai akhirnya Leon Dozan disebut menarik baju Rinoa Aurora hingga sobek.

Selain penganiayaan, Leon Dozan juga mengucapkan hal yang tak senonoh kepada institusi kepolisian.

“Oh, mau dilaporin ke polisi? Biar aku dipenjara? Nggak apa-apa, nggak takut. Polisi an*ing, polisi ng*ntot,” ucap Leon Dozan.

Leon Dozan sempat dipenjara kurang dari sebulan. Ia akhirnya bebas setelah Rinoa Aurora mencabut laporannya.

7. Rebecca Klopper

Meninggalkan kasus penganiayaan yang terjadi, skandal video syur mirip Rebecca Klopper menjadi salah satu masalah yang menghebohkan sepanjang 2023.

Rebecca Klopper di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (12/11/2023) malam. [Semujer.com/Tiara Rosana]
Rebecca Klopper di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (12/11/2023) malam. [Semujer.com/Tiara Rosana]

Video syur berdurasi 47 detik mirip Rebecca Klopper viral di media sosial sejak Senin (22/5/2023) pagi. Dalam video tersebut, si perempuan terlihat sedang tidur telentang sambil memasukkan alat kelamin seorang pria ke dalam mulutnya.

Video syur mirip Rebecca Klopper tidak hanya terjadi sekali. Ada dua video lagi yang muncul dengan durasi hampir 2 menit dan 11 menit.

Rebecca Klopper tidak tinggal diam. Ia yang sempat minta maaf, kemudian melaporkan si penyebar video syur ke polisi.

Terungkap, sosok Bayu Firlen yang menjadi penyebar salah satu video syur mirip Rebecca Klopper. Ia kemudian dituntut 4 tahun penjara dengan denda Rp 1 miliar.

8. Ruben Onsu

Keluarga Ruben Onsu juga menjadi korban atas fitnah sejumlah orang. Ini karena tudingan kedekatan antara Sarwendah dan anak angkatnya, Betrand Putra Onsu yang dianggap tidak lazim.

Ruben Onsu (Instagram/@ruben_onsu)
Ruben Onsu (Instagram/@ruben_onsu)

Ruben Onsu kemudian melaporkan beberapa akun media sosial seperti Youtube, TikTok, dan Twitter, terkait dugaan pencemaran nama baik. Ia tidak terima keluarganya diusik orang yang tidak dikenal.

9. Miss Universe

N, seorang finalis Miss Universe Indonesia 2023 membuat laporan di Polda Metro Jaya pada Agustus 2023. Kasusnya, dugaan pelecehan seksual dengan modus body checking atau pemeriksaan tubuh tanpa busana.

Konferensi Pers Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram/@missuniverse_id)
Konferensi Pers Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram/@missuniverse_id)

Di kasus ini, polisi menetapkan satu tersangka, yakni Andaria Sarah Dewia alias ADS. Sarah yang merupakan COO MUID 2023, berperan melakukan body checking serta memotret finalis ajang tersebut dalam keadaan bugil.

10. Inara Rusli vs Virgoun vs Tenri Ajeng

Beralih ke kasus rumah tangga, muncul nama Inara Rusli. Perempuan berhijab ini membongkar perselingkuhan Virgoun di media sosial, April 2023.

Inara Rusli di kawasan Duri Kosambi, Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023) [Semujer.com/Adiyoga Priyambodo]
Inara Rusli di kawasan Duri Kosambi, Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023) [Semujer.com/Adiyoga Priyambodo]

Nama Tenri Ajeng Anisa kemudian terseret menjadi sosok yang disebut selingkuhan Virgoun. Namun dari keterangan perempuan tersebut, ia membantah telah menjadi pelakor.

Aksi lapor satu sama lain terjadi diantara tiga orang ini. Inara Rusli melaporkan Virgoun atas dugaan perselingkuhan.

Di sisi lain, Virgoun melaporkan Inara Rusli atas dugaan akses ilegal. Sementara itu, Tenri Ajeng Anisa melaporkan Inara Rusli dan Virgoun atas dugaan pencemaran nama baik.

11. Verny Hasan vs Denny Sumargo

Kasus lawas Verny Hasan dan Denny Sumargo soal tes DNA kembali muncul. Padahal masalah ini sudah selesai pada 2019, dengan hasil bahwa sang aktor bukan ayah kandung anak Verny Hasan.

Biodata dan Agama Verny Hasan (Instagram/@vernyhasan_)
Biodata dan Agama Verny Hasan (Instagram/@vernyhasan_)

Namun Verny Hasan seolah tidak terima dengan hasil tersebut dan mengunggah postingan pada Agustus 2023. Isinya, “Tes DNA dua kali yuk, biar tambah mengejutkan lagi.”

Setelah masalah itu mendapat perhatian dari Denny Sumargo, Verny Hasan berdalih unggahan tersebut tidak diperuntukkan buat bintang film 5 CM.

Meski begitu, Denny Sumargo tetap membawa masalah tersebut ke hukum. Ia melaporkan Verny Hasan atas dugaan pencemaran nama baik.

12. Dewi Perssik vs Saipul Jamil

Masalah lawas juga terjadi pada Dewi Perssik vs Saipul Jamil. Mantan suami istri yang awalnya mesra, mendadak berseteru.

Dewi Perssik [Instagram/@dewiperssik9]
Dewi Perssik [Instagram/@dewiperssik9]

Bermula saat Saipul Jamil berkomentar soal kasus kurban Dewi Perssik dengan RT di rumahnya. Pemilik Goyang Gergaji yang tidak terima, akhirnya balik menyindir mantan suaminya.

Dewi Perssik mengunggah video lawas Saipul Jamil dalam kasus kekerasan seksual pada 2016. Si pedangdut kemudian tidak terima dan membongkar sikap kasar mantan istrinya tersebut.

“Saya ditampol, muka saya ditendang!” kata Saipul Jamil saat konferensi pers di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Jumat (28/7/2023).

Masalah ini kemudian berujung ke kepolisian. Saipul Jamil melaporkan Dewi Perssik atas dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya, Agustus 2023.

13. Ipay vs Ian Kasela

Masih dengan masalah yang terjadi bertahun-tahun lalu. Ian Kasela dituntut Rp 20 miliar oleh Ipay, lelaki yang mengaku menciptakan lagu Cinderella.

Ian Kasela [Instagram]
Ian Kasela [Instagram]

“Menyanyikan lagu dan juga menuliskan nama Ian Kasela – Ipay, dalam kaset CD sebagai pencipta lagu. Bukan klien kami sebagai satu-satunya pencipta lagu tersebut,” bunyi somasi kepada Ian Kasela yang beredar di awak media, Kamis (27/7/2023).

Tidak terima dengan hal tersebut, Ian Kasela melaporkan Ipay ke Polda Metro Jaya. Si terlapor juga balik mempolisikan grup band Radja atas masalah tersebut.

14. Tamara Bleszynski

Tamara Bleszynski juga harus menghadapi permasalahan dengan sang kakak, Ryszard Bleszynski. Sang artis digugat Rp 34 miliar sebagai biaya pengganti pengobatan ayah mereka 21 tahun lalu.

Tamara Bleszynski bersama putranya, Kenzou. [Instagram]
Tamara Bleszynski bersama putranya, Kenzou. [Instagram]

Tamara Bleszynski yang merasa dizolimi akhirnya bisa bernapas lega. Sebab gugatan sang kakak di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah ditolak.

Putusan tersebut diketahui lewat sistem e-court, Selasa (24/10/2023). Dalam putusan, hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan gugatan wanprestasi Rp 34 miliar Ryszard Bleszynski terhadap Tamara Bleszynski tidak dapat diterima.

15. Yadi Sembako dan Gus Anom

Kasus lain juga terjadi pada Yadi Sembako dan Gus Anom. Dua orang ini dilaporkan atas kasus penipuan dan atau penggelapan uang.

Masalah bermula saat Yadi Sembako yang ditunjuk Gus Anom sebagai Direktur PT Gudang Artis hendak mengadakan acara.

Yadi Sembako ditemui usai menjalani pemeriksaan di Polres Metro Tangerang Selatan pada Rabu (11/10/2023). [Rena Pangesti/Semujer.com]
Yadi Sembako ditemui usai menjalani pemeriksaan di Polres Metro Tangerang Selatan pada Rabu (11/10/2023). [Rena Pangesti/Semujer.com]

Mereka kemudian mengajak Muhammad Adri Permana sebagai EO dalam acara perilisan perusahaan manajemen artis di Agustus 2023. Saat sang EO telah membayar Rp 198 juta ke sejumlah vendor, uang tersebut justru belum diganti Yadi Sembako maupun Gus Anom.

Sumber: www.suara.com