Viral  

Hati Nurani Enggak Bisa Dibayar

Semujer.com – Refal Hady ikut berbicara tentang politik melalui akun Twitter-nya, @refalhady. Refal awalnya hanya merepost postingan rekan-rekan artisnya seperti Feni Rose dan Pandji Pragiwaksono.

Baru pada Sabtu (27/1/2024), Refal Hady mulai bersuara secara pribadi. Bintang film Wedding Agreement tersebut rupanya terpancing headline sebuah media online tentang salam dua jari yang muncul dari mobil presiden.

Menanggapi hal itu, Partai Gerindra menegaskan apabila tindakan Presiden Jokowi tidak bisa dimaknai dukungan terhadap pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut dua.

“Negeriku lucu,” tulis Refal Hady mengomentari pernyataan pihak Partai Gerindra tersebut.

Warganet lantas menimpali cuitan Refal Hady. Salah satu dari mereka meminta agar Refal Hady tak jadi buzzer dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Refal Hady pun mengiyakan permintaan tersebut. Menurut Refal Hady, hati nuraninya tak bisa dibeli. “Hati nurani gak bisa dibayar pakai uang,” balas Refal Hady.

Menurut warganet pula, banyak hati nurani yang belakangan ini diperjualbelikan. Refal Hady berpendapat apabila itu semua merupakan pilihan masing-masing orang.

“Ya balik lagi pada pilihan masing-masing, jika fakta sudah banyak beredar tapi masih mau mendukung calon yang problematik dan yang melanggar etik ya silahkan,” ucap Refal Hady.

Cuitan tersebut membuat Refal Hady dianggap menyinggung paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming. Pasalnya belakangan kata kunci “melanggar etika” merujuk kepada sikap Presiden Jokowi yang dianggap mendukung salah satu paslon.

Potret Refal Hady Liburan ke Korea Selatan (instagram/@refalhady)

Sebagai figur publik, Refal Hady diminta tak ikut campur perkara politik. Fans khawatir apabila pernyataan Refal Hady soal politik bisa berdampak pada pekerjaannya.

Hanya saja Refal Hady tampak tak terancam. “Niatnya juga gitu dari awal (tidak ikut campur) tapi ternyata sulit sekali mengakali akal sehat untuk diam,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Refal Hady meminta followers-nya tidak ribut perkara beda pilihan paslon. Namun aktor berusia 30 tahun tersebut juga meminta followers-nya untuk bijak dalam memilih.

“Kita ini sedang memilih calon yang terbaik untuk negeri ini. Mohon budayakan membaca sampai habis, teliti sumber informasinya, lihat sarana medianya, kredibel atau tidak,” kata Refal Hady.

“Jangan terlalu cepat bereaksi dan Mudah terprovokasi. #Pemilu2024AmanDamai,” tutur Refal Hady.

Kontributor : Neressa Prahastiwi



Sumber: www.suara.com