Viral  

Gaya Hidup Beda dari Ustaz Solmed, Alfie Alfandy Ternyata Belajar Agama di Yaman

Semujer.com – Aktor dan pendakwah Alfie Alfandy tengah mencuri perhatian publik. Ia ramai dibandingkan dengan Ustaz Solmed soal gaya hidup yang mereka jalani.

Jika Ustaz Solmed tengah dipenuhi kontroversi gara-gara memamerkan rumah mewahnya, beda halnya dengan Ustaz Alfie Alfandy. Jangankan rumah mewah setengah hektare, Alfie bahkan sempat hidup dalam kontrakan.

Hal ini diungkapkan oleh istrinya, Fitri Arifin baru-baru ini. Fitri menceritakan bahwa usai menikah, mereka memilih untuk mengontrak rumah selama delapan tahun.

Keputusan untuk memilih rumah kontrakan begitu mulia. Pasalnya, Alfie Alfandy memutuskan untuk menyalurkan uang hasil jerih payahnya di dunia hiburan untuk keperluan dakwah.

“Ngontrak delapan tahun karena semua penghasilan Alfie kerja syuting dia selama delapan tahun menikah ini kan larinya ke Bikers Dakwah,” kata Fitri Arifin.

Ustaz Alfie Alfandy (Instagram/@alfiealfandy)

Ditelusuri pada Senin (29/1/2024), Alfie Alfandy memang tidak memulai profesinya sebagai pendakwah sejak awal. Sebelumnya, ia adalah seorang aktor yang membintangi berbagai sinetron.

Meski kini masih aktif di dunia akting, fokusnya ada pada Bikers Dakwah, lembaga dakwah yang didirikannya. Demi mendirikan lembaga dakwah tersebut, Alfie Alfandy menempuh pendidikan yang tidak main-main.

Suami dari Fitri Arifin ini rela pergi ke luar negeri demi menimba ilmu agama. Setelah bebas dari overdosis narkoba, ia memutuskan pergi ke Yaman.

Selama berada di sana, ia menimba ilmu di Darul Musthofa Yaman, pondok pesantren yang diasuh Habib Umar Bin Hafidz. Pendidikannya dijalani selama kurang lebih dua bulan pada 2017.

Sepulangnya dari Yaman, Alfie Alfandy langsung mendidikan Bikers Dakwah bersama teman-temannya yang juga belajar di Darul Musthofa Yaman. Hingga Januari 2023, lembaga ini sudah memiliki sekitar 45 cabang.

Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)
Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Riwayat pendidikan yang dimiliki oleh Ustaz Alfie Alfandy itu berbeda dengan Ustaz Solmed. Ustaz Solmed diketahui pernah berkuliah di salah satu universitas Islam di Indonesia.

Ia merupakan alumnus dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Ustaz Solmed tercatatat pernah berkuliah di sana pada 2006.

Program studi yang diambilnya memang tidak secara khusus berkonsentrasi pada dakwah agama Islam. Ia lebih memilih untuk belajar Ilmu Hukum.

Program studi tersebut tercatat memiliki akreditasi B. Sementara Universitas Islam Negeri Syaarif Hidayatullah Jakarta memiliki akreditasi A.

Namun dalam program studi tersebut, Ustaz Solmed mendapatkan beragam materi yang menarik. Sebut saja, materi mengenai etika dan ilmu syariah.

Sumber: www.suara.com