Viral  

Diungkap Diding Boneng, Opie Kumis Dulunya Tekuni Profesi Ini di Jalanan

Semujer.com – Siapa tak kenal Opie Kumis. Pelawak ikonik Tanah Air itu kini bahkan masuk daftar artis yang meramaikan Pemilu 2024 sebagai caleg untuk memperebutkan satu kursi di DPRD DKI Jakarta.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa karier keartisan Opie Kumis meroket berkat peran Diding Boneng. Bakat Opie pertama ditemukan Diding pada 1983.

“Saya kenal Opie tahun 83. Opie ini dulu anak jalanan,” ungkap Diding Boneng, dikutip Semujer.com dari salah satu konten YouTube Ini Talk Show beberapa waktu lalu.  

Opie Kumis sama sekali tidak punya latar belakang pendidikan seni saat ditemukan Diding Boneng. Jangankan sekolah, Opie bahkan sedang bertugas jadi calo angkot saat pertama bersua Diding.

Diding Boneng di Pusat Kebudayaan Betawi, Jatinegara, Jakarta, Jumat (27/10/2017). [Semujer.com/Ummi Hadyah Saleh]

“Saya pertama ketemu Opie di perempatan Jambul, yang arah Cililitan sama Sartika. Di situ kan ada belokan ke kanan arah Pasar Minggu, nah, Opie waktu itu di situ,” kisah Diding Boneng.

“Kondisinya waktu itu, astagfirullahaladzim. Opie, ini maaf ya, waktu itu Opie lagi, ‘Minggu, Minggu, Minggu’, nyalo,” lanjutnya.

Diding Boneng yang saat itu kebetulan melintas terpikir mengajak Opie Kumis berlatih di sanggar teaternya. Sudah jadi kebiasaan orang-orang sanggarnya untuk memberikan wadah berkreasi bagi anak jalanan.  

“Kebetulan grup saya itu seneng banget kalau tahu ada anak-anak yang begitu, jadi pada saya tawarin main, saya ajakin latihan dulu,” papar Diding Boneng.  

Beruntung bagi Opie Kumis, dirinya mengiyakan ajakan Diding Boneng saat itu dengan datang ke sanggar. Dari situ, Diding pun melihat keseriusan Opie untuk belajar hal baru.

“Saya lihat, ‘Ini anak, dijanjiin di pinggir jalan aja kok mau dateng?’. Dengan dia dateng, saya anggap anak ini mau belajar,” kata Diding Boneng.

Benar saja, Opie Kumis cepat beradaptasi dengan dunia seni peran. Tak butuh waktu lama bagi Opie untuk dipercaya memerankan salah satu tokoh dalam pementasan garapan Diding Boneng.

“Kebetulan juga memang anaknya cerdas. Jadi dalam waktu singkat, sudah saya percayakan untuk memegang peran di sebuah repertoir, yang kebetulan pada saat itu untuk festival. Saya memang sudah ada feeling, dan dia memang punya semangat tinggi,” jelas Diding Boneng.

Intuisi Diding Boneng terbukti jitu. Opie Kumis menjelma jadi salah satu sosok yang disegani di dunia seni peran berkat gaya komedinya yang khas.

“Ya lihat Opie sekarang. Ini sudah di luar praduga saya, bisa jadi sebesar ini,” pungkas Diding Boneng.  

Sumber: www.suara.com