Viral  

Dana Aspirasi Rp2,25 Miliar tapi Rakyat Gini-Gini AJa!

Semujer.com – Gaji Kris Dayanti sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendadak menjadi sorotan kembali di media sosial.

Hal itu bermula dari sebuah cuitan di akun menfess X @tanyakanrlfes pada Rabu (17/1/2024). Seorang warganet mengunggah informasi mengenai gaji Kris Dayanti.

“Sender lagi gabut scroll Google, tiba-tiba nemu ginian. Langsung cengoh lihat gaji tunjangannya, well,” cuit warganet.

Raul Lemos dan Kris Dayanti. (Instagram)

Dalam informasi yang diberikan, tertera gaji pokok Kris Dayanti sebagai DPR mencapai Rp16 juta dan tunjangan sebesar Rp59 juta, yang diberikan setiap tanggal 5.

Tidak hanya itu, istri dari Raul Lemos itu juga mendapat fasilitas kredit mobil sebesar Rp70 juta per periode.

Biaya perjalanan juga ditanggung per hari, yakni sebesar Rp900 ribu sebagai uang harian dan Rp700 ribu untuk uang representassi. Ditotal, Kris Dayanti mendapat Rp1,6 juta setiap harinya.

Mantan istri Anang Hermansyah itu juga mendapat fasilitas uang pemeliharaan rumah dengan jumlah Rp8 juta per tahun.

Nilai lebih besar diterima Kris Dayanti untuk dana aspirasi yang mencapai Rp450 juta dan uang kunjungan ke Dapil senilai Rp140 juta.

Melihat nilai fantastis itu membuat warganet geram. Banyak yang mengkritik dan mencemooh para wakil rakyat saat ini.

“Buat yang bilang ‘tapi modal sebelum jadi DPR juga banyak’, please modal mereka enggak seberapa sama apa yang mereka dapat pas udah dapat kursi,” ujar @your***.

“Dana aspirasi Rp2,25 miliar setahun per orang? Anggota DPR ada ratusan? Aspirasi apaan sih? Perasaan rakyat gini-gini aja, tetap banyak kemiskinan dan negara nggak maju-maju,” sindir @fotti***.

“Cuma depeer yang gajinya nggak sesuai sama beban kerja,” kata @zephy*** mencemooh.



Sumber: www.suara.com