Viral  

Curhat Pajak Hiburan Bikin Bisnis Karaoke Sepi, Inul Daratista Malah Balik Kena Kritik Soal Minim Inovasi

Semujer.com – Inul Daratista sempat mencurahkan dampak tingginya pajak hiburan ke bisnis karaoke miliknya. Lewat Instagram, Inul mengunggah kondisi salah satu gerainya yang sepi pengunjung bahkan saat akhir pekan.

“Gimana hari Sabtu ini kita? Sepi ya? Kebetulan ini lagi hujan juga di luar, sepi juga,” ujar Inul Daratista dalam video yang diunggah ulang oleh akun Instagram Hotman Paris Hutapea, Minggu (14/1/2024).

Inul Daratista kemudian bertanya ke salah satu pegawainya soal berapa besar pajak yang dikenakan ke gerai karaokenya. Kata sang pegawai, saat ini gerai Inul Vizta sudah dikenakan pajak 25 persen dan mulai membuat para pelanggan mengeluh.

“Pajaknya berapa total?,” tanya Inul Daratista.

“Kami di sini 25 persen. Itu saja sudah banyak tamu yang komplain, gimana kalau nanti naik lagi?,” jawab sang karyawan.

Usai mendengar penjelasan sang karyawan, Inul Daratista pun menjelaskan bagaimana tingginya pajak hiburan berdampak ke pengusaha seperti dirinya. Ia pun menentang keras wacana kenaikan pajak sampai 75 persen.

“Baru 25 persen aja, kondisinya udah seperti ini (sepi pengunjung). Mereka (karyawan) butuh makan loh,” kata Inul Daratista.

Hotman Paris Hutapea sendiri ikut berkomentar soal keluhan Inul Daratista tentang tingginya pajak hiburan. Ia sependapat bahwa pajak yang dibebankan malah berpotensi membuat pengusaha merugi hingga gulung tikar.

“Jutaan karyawan karaoke, spa dan pusat hiburan terancam PHK. Kenapa mereka? Apa mereka nikmatin pajak selama ini? Mau anda bayar tambahan pajak 75 persen yang ditagih pengusaha karaoke? Nyanyi aja harus bayar pajak super tinggi?” tulis Hotman Paris Hutapea dalam unggahannya di Instagram.

Keluhan Inul Daratista soal tingginya pajak hiburan balik direspons dengan kritik oleh warganet. Ada yang meminta Inul legawa menerima kenyataan bahwa bisnis karaoke memang tidak seramai dulu lagi karena perkembangan zaman

“Nggak usah cari pembenaran. Bisnis karaoke tumbang karena kami sudah bisa beli speaker bluetooth murah dan bagus. Ngapain lagi ke karaoke?” kata pemilik akun @zames*** di kolom komentar.

Ada juga warganet yang meminta Inul Daratista lebih kreatif dalam memutar otak untuk mengembangkan bisnis baru. Di era sekarang, cuma pengusaha kreatif yang sanggup bertahan hidup.

“Harus cari cara lain mbak Inul, perkembangan musik sudah luar biasa. Pakai HP aja udah bisa karaokean,” tutur akun @soeras***.

Biodata Lengkap dan Agama Inul Daratista (Instagram/@inul.d)

Tidak sedikit pula yang menuntut Inul Daratista untuk lebih bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki sekarang. Mereka menganggap rezeki Inul seret karena lebih sering mengeluh ketimbang mensyukuri apa yang sudah dimiliki sekarang.

“Itu yang bikin seret sudah pasti karena ngeluh melulu dan menyalahkan pihak lain,” ucap akun @david***.

Belum ada respon Inul Daratista soal kritik warganet atas keluhannya tentang tingginya pajak hiburan.



Sumber: www.suara.com