Viral  

Clift Sangra Ungkap Kisah Mencekam Selama 40 Hari Meninggalnya Suzzanna

Semujer.com – Clift Sangra baru-baru ini mengungkap cerita pilu usai kepergian sang istri, Suzzanna pada 15 Oktober 2008. Tak banyak yang tahu, Clift ternyata sempat berjaga di makam Suzzanna selama 40 hari penuh.

“Waktu awal-awal bunda meninggal itu, makamnya saya jaga 40 malam, sama teman saya,” kata Clift Sangra di kanal YouTube Obrolan Santai, yang diunggah baru-baru ini.

Clift Sangra saat itu mendengar rumor bahwa makam Suzzanna jadi incaran orang-orang yang ingin mencari kesaktian. Mereka ingin mengambil barang-barang yang ikut dimakamkan bersama Ratu Horor Indonesia itu.

“Makamnya mau dibongkar. Entah mau diambil apanya, saya enggak tahu. Pokoknya itu jadi syarat aja buat mereka, buat ilmu-ilmunya mereka,” ujar Clift Sangra.

Semasa hidup, Suzzanna memang dikenal dengan budaya kejawennya yang kuat. Hal itu juga yang kemudian diyakini orang-orang untuk mencari kesaktian lewat benda-benda yang ikut dimakamkan bersama Suzzanna.

“Menurut kepercayaan orang Jawa, sebelum 40 hari, kan saat itu banyak isu-isu juga yang beredar, jadi mereka mau mengambil barangnya Suzzanna,” imbuh Clift Sangra.

Ternyata, informasi yang sampai ke telinga Clift Sangra bukan rumor. Ia menyaksikan sendiri selama 40 malam, bagaimana orang-orang silih berganti datang untuk berusaha membongkar makam Suzzanna.

“Memang betul, yang datang banyak. Ada yang sudah bawa cangkul, bawa linggis. Ada juga yang bawa mobil, rombongan, kayak mau bongkar makam,” ucap Clift Sangra.

Suzzanna bersama Clift Sangra. (Instagram/indraJP)

Clift Sangra pun cukup cerdik saat menjaga makam Suzzanna. Clift dan temannya sengaja tidak membawa penerangan apa pun untuk mengagetkan orang-orang yang ingin berniat buruk ketika datang ke sana.

“Kami enggak pakai lampu, sengaja kami gelapin. Jadi begitu mereka datang dan lihat kami, langsung kabur,” ujar Clift Sangra.

Benar saja, Clift Sangra tidak menemukan lagi orang-orang yang mencoba membongkar makam Suzzanna setelah lewat 40 hari. Di momen itu, Clift pun ikut berhenti menjaga makam sang ratu horor Tanah Air setiap malam.  “Setelah hari ke-41, udah, saya lepasin aja,” kata Clift Sangra.

Sampai hari ini, makam Suzzanna masih terawat dengan baik. Clift Sangra juga sudah mengurangi intensitas untuk berkunjung ke sana.

“Memang dulu pesannya Bunda seperti itu, sesempatnya kamu saja,” tutur Clift Sangra.

Sumber: www.suara.com