Viral  

Chef Juna Ungkap Kekurangan Kiki Sehingga Kalah dari Belinda di Grand Final MCI 11

Semujer.com – Chef Juna buka-bukaan soal kemenangan Belinda di MasterChef Indonesia season 11 yang menuai kontroversi. Dia menjelaskan apa saja kekurangan Kiki sehingga tak layak memenangkan ajang kompetisi memasak tersebut.

Sebagai juri, Chef Juna mengatakan bahwa dirinya sangat ingin Kiki menang. Namun hidangan akhir Belinda ternyata dinilai lebih bagus dari peserta asal Medan itu.

Biodata dan Agama Chef Juna (Instagram/@junarorimpandeyofficial)

“Di grand final itu, ternyata hidangan akhir Belinda mendapatkan poin yang lebih bagus. Hasilnya lebih bagus. Sorry to say,” kata Chef Juna seperti dikutip suara.com saat tampil di podcast Ray Jonson Radio, Kamis (7/12/2023).

Tantangan terakhir di grand final MasterChef Indonesia season 11 adalah membuat three course meal atau tiga menu utama mulai dari yaitu hidangan pembuka, makanan utama, dan hidangan penutup.

Three course meal Belinda dinilai lebih bagus dari Kiki. Saat itu dia menghidangkan Tuna Belly Tartare Asian Inspire (tuna), Five Spiced Duck Breast (bebek) dan Matcha Creme Brulee (dessert).

Namun, Kiki justru memilih Karedok yang dirasa kurang wah untuk menu grand final. Dua hidangan lainnya adalah Arsik Ikan dan Raspberry Yogurt Ice Cream.

“Dessertnya Kiki bukan gagal, tapi itu bukan dessert yang ingin dia buat saat mulai masak karena kehabisan waktu,” ungkap Chef Juna.

Kiki bantu Belinda memotong lamb rack di MasterChef Indonesia. (Instagram/kiki.mci11)
Kiki bantu Belinda memotong lamb rack di MasterChef Indonesia. (Instagram/kiki.mci11)

Pemilik nama asli Junior John Rorimpandey kembali menegaskan bahwa dia sangat ingin Kiki keluar sebagai pemenang.

“Tapi jujur, nilainya nggak bisa, karena dalam eksekusi karedok aja kekurangannya lumayan banyak. Bengkoangnya menutupi sayuran yang lain,” ujarnya.

Belinda dianggap lebih matang dalam perencanaan tiga menu utamanya, dari tuna ke bebek ke dessert. Sementara Kiki, tidak ada menu yang bisa dijadikan gong.

“Kalau gue jadi Kiki, mungkin first course-nya ikan arsik, second course mau beef atau lamb, lebih gong gitu,” tutur Chef Juna.

“Eksekusinya pun (kurang), enak (sih), tapi minusnya lumayan,” imbuh juru masak berdarah Manado itu.

Chef Juna juga menyebutkan kekurangan Kiki di challenge pertama, di mana finalis harus menyiapkan three set course dengan bantuan tim.

Menurut Chef Juna, Beef Semur Carpaccio yang dibuat Kiki cukup membingungkan. Konsep dan judulnya tidak sesuai, meski saat itu rasanya menerima banyak pujian.

Belinda dan Kiki MasterChef Indonesia season 11. [Instagram]
Belinda dan Kiki MasterChef Indonesia season 11. [Instagram]

Dasar penilaian Chef Juna adalah konsep dan judul menu harus jelas. Baru dia akan menilai rasa, tekstur dan lain-lain.

“Terus saya diserang nih sama netizen (karena) kasih nilai kecil. Berapa kecil sih saya kasih nilai? Kalau saya kasih 50, mau ngamuk boleh deh. Ini masih 70an ke atas,” ungkapnya dengan nada kesal.

Dari penjelasan Chef Juna, Kiki tak layak menjadi pemenang MasterChef season 11 bukan karena warga pribumi, melainkan murni dari penilaian hasil masakannya.

Kontributor : Chusnul Chotimah

Sumber: www.suara.com