Viral  

Chef Juna Tegaskan Proses Potong Daging Tak Masuk Penilaian Juri MasterChef Indonesia

Semujer.com – Belinda dan Kiki masih menjadi perbincangan terkait Final Grand Final MasterChef Indonesia season 11. Kiki ramai dibela lebih layak menang ketimbang Belinda.

Salah satu protes warganet adalah mengenai Belinda yang kesulitan memotong lamb rack atau rusuk domba. Kiki bahkan membantu Belinda memotong lamb rack sehingga dianggap layak jadi juara.

Saat tampil di YouTube Ray Janson Radio, Chef Juna yang menjadi juri ajang tersebut menegaskan bahwa proses memasak termasuk memotong lamb rack tidak masuk penilaian juri MasterChef Indonesia (MCI).

“Gue pikir itu dinilai juga?” tanya Ray Janson dalam konten yang tayang pada Kamis (7/12/2023). “No (tidak). Kami (juri) menilai adalah hidangannya,” tegas Chef Juna.

Pemotongan lamb rack ternyata baru masuk penilaian juri apabila terjadi kesalahan yang berkaitan dengan kehigienisan bahan makanan peserta. Menurut Chef Juna, hal itu pernah terjadi di MCI season sebelumnya.

“Lain cerita, kalau pada saat mereka kerja, terjadi cross contamination. Itu pernah kejadian. Kita langsung keluarkan orangnya,” terang Chef Juna.

“Pernah juga da yang kepotong terus darahnya ke mana-mana. Untungnya itu bukan pressure test. Akhirnya dia enggak selamat dari babak berikutnya,” imbuh chef 48 tahun tersebut.

Chef Juna dan Ray Janson yang juga seorang chef serta pemilik sebuah bar ternama pun kompak membela Belinda. Keduanya sama-sama memaklumi kesulitan Belinda memotong lamb rack.

Belinda dan Kiki MasterChef Indonesia season 11. [Instagram]

“Apalagi di babak grand final, kita tidak menilai how they do things. Ini bukan daging loh, ini lamb rack,” tutur Chef Juna.

Pilihan Kiki untuk membantu Belinda pun dinilai Chef Juna sangat gentleman. Kendati dihujat habis-habisan, Chef Juna rupanya tak kapok menjadi juri MasterChef Indonesia.

“Saya enggak belain siapa-siapa. Bisa dilihat, Kiki adalah gentleman. Kiki bantuin kan. Which is good. I’m very proud of Kiki,” tutur Chef Juna.

Kendati begitu, penjelasan Chef Juna lagi-lagi belum bisa diterima beberapa warganet. Menurut mereka, Belinda bisa saja gagal menyelesaikan challenge tanpa bantuan Kiki.

“Kiki membantu Belinda motong Lamb. Kalau Kiki tidak membantu potong itu, Belinda akan stuck di situ dan kehabisan waktu,” komentar akun @demijunior7***.

“Justru lomba masak itu, teknik memasak juga harus dinilai. Tidak fair cuma harus tentang rasa,” sahut akun @rikimuchtar***.

“Momen Kiki bantu potong daging lamb kenapa tidak ditayangin dan diedit sama editor (tanda tanya besar), karena jika itu daging tidak selesai dipotong otomatis itu makanan tidak ada.  Otomatis tidak dapat nilai,” sindir akun @afi4***.

Kontributor : Neressa Prahastiwi

Sumber: www.suara.com