Viral  

Begini Perjuangan Rhoma Irama Bawa Dangdut Jadi Warisan Budaya ke UNESCO

Semujer.com – Rhoma Irama bukan hanya menjadi musisi yang konsisten di bidang dangdut. Saat ini, sang Raja Dangdut pun tengah berjuang agar genre tersebut tercatat di UNESCO.

Rhoma Irama mau agar dangdut menjadi warisan budaya tak benda asli Indonesia ada dalam UNESCO. Pengusulan pun sudah dilakukan sejak Agustus 2023.

“Dangdut adalah musik yang sangat diminati, sehingga sepantasnya dijadikan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia yang diusulkan ke UNESCO,” ujar Rhoma Irama ditemui di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat pada Senin (11/12/2023).

Rhoma Irama ditemui di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat pada Senin (11/12/2023). [Semujer.com/Rena Pangesti]

Kini, proses Dangdut Goes to UNESCO tengah menunggu pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Bersamaan dengan hal tersebut, Rhoma Irama sekaligus membentuk Persatuan Artis Musik Dangdut Indonesia (PAMDI) dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa.

Rhoma Irama menerangkan, PAMDI sebenarnya hanya nama baru dari organisasi sebelumnya, Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI). 

“Kami bentuk kepengurusan PAMDI agar musik dangdut sampai ke pelosok Tanah Air,” terang musisi 77 tahun ini.

Rhoma Irama ditemui di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat pada Senin (11/12/2023). [Semujer.com/Rena Pangesti]
Rhoma Irama ditemui di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat pada Senin (11/12/2023). [Semujer.com/Rena Pangesti]

Perjuangan Rhoma Irama bersama sejumlah pedangdut agar genre ini menjadi warisan budaya yang tercatat di UNESCO ini juga mendapat dukungan dari anggota DPR RI Komisi X, Nuroji.

“Tentu, keberadaan saya di sini untuk mendukung pak Haji Rhoma Irama untuk proses pengesahan Dangdut Goes to UNESCO,” ucapnya.

Kecintaan Rhoma Irama pada dangdut sudah berlangsung sejak 1960-an. Meski awalnya berada dalam band orkes Melayu.

Namun di sinilah kemudian hadir kecintaan Rhoma Irama kepada dangdut. Selanjutnya, ia membentuk Soneta Band yang beraliran musik dangdut.

10 tahun berkarier, Rhoma Irama dinobatkan sebagai Raja Dangdut. Lewat dangdut pula, musisi yang lahir dengan nama Raden Irama ini pergi ke luar negeri.

Rhoma Irama membawa dangdut ke Malaysia, Singapura hingga Brunei Darussalam.

Puluhan album pun tercipta, dari dangdut hingga genre lain. Rhoma Irama juga tidak jarang membawa dangdut dalam film yang dimainkan.

Rhoma Irama juga menyabet sejumlah penghargaan. Lagu Mirasantika menjadi pembuka dirinya meraih Artis Solo Pria Dangdut Terbaik di AMI Awards (1997).

Sumber: www.suara.com