Viral  

Baru Somasi 1, Belum 30

Semujer.com – Band Stinky dan Andre Taulany dilarang menyanyikan lagu “Mungkinkah” dan “Jangan Tutup Dirimu”. Pencekalan ini hadir dari Ndhank Surahman Hartono, pencipta single tersebut.

Ndhank Surahman Hartono memberikan somasi terbuka melalui video di Instagram, 30 Desember 2023. Sayangnya, mantan personel Stinky ini tidak memberikan alasan secara gamblang mengenai pelarangan menyanyikan dua lagu tersebut.

Para personel Stinky dan Andre Taulany sudah mengetahui larangan Ndhank Surahman Hartono. Bukan secara langsung, melainkan melalui fans dan video di Instagram.

“Kita ketawa-ketawa aja, kan saya telepon dia (Andre Taulany),” kata Irwan Batara, bassist Stinky ditemui di Bintaro, Tangerang Selatan pada Selasa (2/1/2024).

Andre Taulany dan Irwan Stinky menanggapi dengan santai. Bahkan pengisi acara Lapor Pak! Itu mengatakan kepada rekannya, ‘alah bodo amat, baru somasi satu belum somasi 30’.”

Bagi Andre Taulany dan Stinky, somasi yang dilontarkan Ndhank tidak serius. “Orang kayak bercanda gitu,” ujar Irwan.

Keyakinan Irwan Stinky bahwa bandnya akan baik-baik saja menyanyikan lagu “Mungkinkah”, lantaran mereka memiliki legalitas.

“Dari segi legal, lagu ‘Mungkinkah’ ini diciptakan dua orang, Irwan dan Ndhank. Kenapa kita masih menyanyikan, karena lagu itu terdaftar di publisher dan lembaga kolektif royalti,” imbuh Irwan Stinky.

Band Stinky format baru. [Rena Pangesti/Semujer.com]

“Masa gue yang menciptakan, dilarang (menyanyikan) sama Ndhank,” kata Irwan menyambung.

Irwan Stinky lantas berandai-andai, semisal lagu “Mungkinkah” ini hanya diciptakan Ndhank Surahman Hartono sendiri, boleh dia melarang orang lain menyanyikan lagu tersebut.

“Kecuali kalau hanya Ndhank yang menciptakan, it’s okay. Tapi kan itu lagu Ndhank dan Irwan,” ucap Irwan Stinky.

Sebagai informasi, Ndhank Surahman Hartono mendadak melayangkan somasi terbuka kepada Stinky dan Andre Taulany menyanyikan lagu “Mungkinkah” dan “Jangan Tutup Dirimu”.

Somasi Ndhank tersebut berdasarkan Undang-undang Hak Cipta Nomor 28 tahun 2014.  Karena menciptakan lagu “Mungkinkah” bersama Irwan Batara bassist Stinky, Ndhank memberikan izin sesuai dengan ketentuan.

“Jika saudara Irwan Batara sebagai personel dari Stinky tetap ingin membawakan lagu ‘Mungkinkah’, silakan membawakan sesuai dengan part-nya yang berada pada ending lagu yang isinya ‘Kau kusayang selalu kujaga bla bla bla’,” ucap Ndhank.



Sumber: www.suara.com