Viral  

4 Artis Korea Dituduh Dukung Israel, Salah Satunya Dikenal Dekat Raffi Ahmad

Semujer.com – Konflik Israel dan Hamas yang merenggut nyawa ribuan orang tak bersalah ternyata juga merembet ke Korean-Pop atau Kpop, sebutan untuk seniman atau artis asal Korea Selatan.

Sejumlah artis Kpop seperti Siwon dari Super Junior dan Eric Nam baru-baru ini dituduh mendukung Israel, hingga netizen Indonesia ramai melakukan boikot.

Eric Nam kena boikot karena ia memberi “like” pada postingan yang dianggap netral terkait konflik Israel dan Palestina.

Sebelumnya, Eric Nam dijadwalkan untuk menggelar konser tur di Asia Tenggara, namun dibatalkan karena derasnya penolakan di negara itu.

Beberapa artis Kpop lain juga turut menjadi sasaran para netizen di media sosial. Berikut adalah nama-nama artis Kpop yang dianggap mendukung Israel:

Eric Nam

Eric Nam dianggap Pro Israel setelah memberi “like” pada sebuah unggahan di Instagram yang menunjukkan sikap netral terhadap konflik Palestina dan Israel. Eric Nam segera merespons dengan ‘tidak menyukai’ postingan tersebut.

Eric Nam (Soompi)

Dalam pernyataannya, Eric Nam menjelaskan bahwa tindakannya adalah reaksi terhadap berita yang sangat menyedihkan. Ia selalu mendukung kemanusiaan, perdamaian, cinta, dan kesetaraan bagi semua orang. Eric Nam juga menyatakan bahwa hatinya hancur untuk keluarga Palestina dan Israel yang terpisah akibat kekerasan dan mengalami kehilangan yang tak terbayangkan.

Meskipun tidak ada kata-kata yang cukup untuk menggambarkan rasa sakit dan penderitaan, ia berdoa setiap hari agar ada perdamaian dan keamanan bagi semua orang secepatnya.

Lee Suji

Lee Suji baru-baru ini mengunggah postingan di kanal Instagramnya dengan keterangan doa untuk warga Israel. Postingan ini mendapatkan kecaman dari netizen. Hingga saat ini, belum ada informasi apakah Lee Suji akan memberikan permintaan maaf atau tidak.

Song Seunghyun

Mantan anggota K-rock F.T Island, Song Seunghyun, baru-baru ini mendapatkan kecaman atas unggahan foto konflik Gaza yang condong mendukung Israel di akun Instagramnya. Ia segera menghapus postingan tersebut, namun belum jelas apakah akan mengeluarkan pernyataan resmi atau tidak.

Siwon Choi

Artis korea yang kerap bolak-balik Indonesia karena urusan bisnis dan dikenal dekat dengan Raffi Ahmad, Choi Siwon  atau Siwon Choi mengunggah foto dirinya saat menghadiri Acara Sarapan Doa antara Korea Selatan dan Israel tahun lalu. Postingan Instagram Siwon mendapat reaksi keras dari netizen, namun ia tetap mempertahankan unggahan tersebut.

Sumber: www.suara.com